Kamis, 06 Desember 2012

Pentingnya Sikap Disiplin


Pentingnya Sikap Disiplin untuk para pelajar
Kalian pasti pernah denger kata DISIPLIN kan? nah disiplin adalah sikap dalam menghargai segala usaha apapun. Misalkan dalam hal meghargai waktu, disiplin dalam hal berseragam, kita sebagai pelajar tentunya sangat membutuhkan sikap disiplin itu. Tapi dalam survei diri sendiri kita masih belum mempunyai sikap disiplin itu, menurut pengalaman diri saya sendiri, saya masih belum mempunyi sikap disiplin.Kurangnya perhatian pada sikap disiplin ini sangatlah berpengaruh pada kemampuan otak kita.
Rendahnya sikap disiplin yang kita miliki membuat kita meremehkan suatu pekerjaan sebagai contoh : terkadang kita terlalu banyak mengulur waktu, bermalas”an, dan lain sebagainya. Padahal sikap disiplin itu sangat dibutuhkan kita masing” pribadi sebagai seorang pelajar. Bagi anak yang mempunyai sikap disiplin terdapat beberapa dampak positif.

Berikut adalah beberapa dampak positif bagi anak yang mempunyai sikap disiplin :
- Tidak menganggap remeh suatu pekerjaan
- Tidak banyak juga mereka mengulur waktu
- Mempunyai sikap tanggung jawab yang besar, dan lain sebagainya

Itulah beberapa dampak positif yang terdapat dalam pribadi anak yang mempunyai sikap disiplin yang besar, bagi anak” yang tidak sama sekali menerapkan sikap disiplin dalam dirinya akan sangat terganggu dalam kegiatan sehari”nya dalam hal akademik pun mungkin bisa dibilang mereka lemah. Ada beberapa dampak negatif yang terdapat dari pribadi yang tidak mempunyai rasa disiplin yang besar.
Berikut adalah beberapa dampak negatif bagi anak yang tidak mempunyai sikap disiplin :

- Menganggap remeh suatu pekerjaan
- Banyak mengulur waktu
- Tidak sama sekali mempunyai rasa tanggung jawab yang besar, dan lain sebagainya.

Terkadang dalam hal akademik kita merasa jenuh, bosan. Nah dari rasa seperti itu dibutuhkan “refreshing”, tetapi dalam hal refreshing banyak anak menyelewengkan kesempatan itu. Mulai dari sikap seperti itulah timbul rasa malas yang menyebabkan hilangnya sikap disiplin diri. Sifat seperti itulah yang harus dihilangkan dari pribadi masing”.

Dalam hal menumbuhkan sikap disiplin dibutuhkan beberapa upaya dan dukungan, upaya yang harus dilakukan adalah mensupport diri sendiri,  support dalam diri bisa mengalahkan rasa malas dan menumbuhkan sikap DISIPLIN yang kuat, juga dukungan dari orang tua, teman sepergaulan , guru , dan lain sebagainya. Tapi jangan salah guys teman juga bisa ngebuat rasa disiplin kita semakin berkurang. Kalau kita bergaul dengan teman” yang ngga mendukung sama upaya menumbuhkan rasa disiplin dalam diri kita itu juga sangat berbahaya buat kita, so kalian harus hati” milih temendalam bergaul .
Dalam hal menumbuhkan rasa disiplin yang kuat dukungan orang tua itu perlu loh. Peran orang tua dalam hal seperti ini sangat dibutuhkan mental kita. Kalau dukungan orang tua kita bener dan tegas dapat numbuhin mental tegas kita sehingga menghasilkan sikap DISIPLIN yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar